RasaKata: Mereka Yang Menilai Islamku

Salah seorang pendiri komunitas Unmasked: Open Mic Poetry, Ayu Meutia, mengirimkan puisinya yang berjudul Mereka Yang Menilai Islamku kepada RasaKata. Berikut puisinya: Mereka nilai Islamku, Dari kelalaianku menunaikan hal-hal fardu, seperti mengerudungi kepalaku. Mereka nilai Islamku, Karena di awal kepala dua ini belum ada cincin di jari manisku, di mana-mana gadis-gadis sebayaku bakal menjadi ibu….

Cerita Perempuan: Peluklah Orangtuamu

Bagi seorang perempuan (dan juga laki-laki tentunya), ibu adalah sosok yang sangat mulia. Sosok di mana saya bersandar kala dilanda kesedihan. Seorang ibu adalah pelukan yang saya selalu butuhkan saat ku jatuh sakit atau berada di tengah kesulitan. Namun seorang ibu di kala anak beranjak dewasa, tidaklah lagi menjadi peran utama dalam kebahagiaan seorang anak….

Lari Penuh Warna di The Color Run 2016

Salah satu ajang lari termenyenangkan di Indonesia telah digelar pada Minggu, 7 Agustus. Belasan ribu anak-anak Jakarta memadati Parkir Timur Senayan, pada Minggu pagi hingga siang. Mereka yang awalnya berdandan rapi, begitu lari usai, langsung “belepotan” cat di seluruh wajah dan kaos putih. Pada KM 1, para pelari ditaburi bubuk berwarna orange. Kemudian hijau di…

RasaKata: Manusia Setengah Dewasa

Waktu itu, salah seorang adikku yang baru masuk kelas 1 SMP protes. Ia sebal karena masih dianggap anak kecil olehku. Aku sering berkata padanya, “Hati-hati kalau memasak di dapur. Jangan main pisau, kamu masih kecil, nanti jarinya terpotong”. Atau kadang ketika ku sedang jengah, “Duh, kamu anak kecil tahu apa, sih?” Adikku beranggapan ia tak…

Ngobrolin Fitness Bareng YouTubers di GyManiac Gathering

Bagi fitness mania yang pemula, YouTube sering menjadi panduan utama untuk mendapatkan informasi terdepan. Selain jangkauannya yang luas, visualisasinya mudah dicerna untuk langsung dipraktekkan. GyManiac merupakan salah satu channel YouTube yang menjadi favorit fitness mania. Tutur bahasa si vlogger, Akram Askar, sangat membumi dan gampang dimengerti bagi mereka yang belum kenal dengan jargon-jargon fitness. Alhasil, banyak…

Flannel Belum Mati

Kring… Kring… !! “Halo?” “Abdul…” suara Erfan Haryando memanggil nama saya dari ujung telepon. “Dul, hari Sabtu kita foto untuk profil website ya,” katanya. “Siap,” balas saya semangat. “Saya udah nyiapin baju buat lo nih.” “Baju apa? Saya pake kaos putih dan flannel aja.” “Apa??? Kaos oblong??? Flannel??? Eh elu tuh partner gue, bukan asisten…

Cerita Perempuan: Kami Juga Berimajinasi Tentang Laki-Laki

Sudah bukan rahasia lagi bahwa laki-laki pernah membayangkan dirinya berhubungan seksual dengan seorang perempuan yang dianggapnya “hot and sexy”. Sudah bukan rahasia lagi bahwa laki-laki pernah menyentuh dirinya sendiri sambil membayangkan seorang perempuan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa laki-laki pernah membuka baju perempuan dengan pikirannya saat melihatnya di kantor, restoran, club, atau tempat lainnya. Sudah…

The Juggler: Akhir Dari #IndonesiaKuat2016

Pembaca setia Lelaki Metropolitan pasti sudah tahu kalau tahun lalu saya mengikuti 3 kompetisi fitness dan body contest. Saya kalah di ketiganya. Untuk selengkapnya dapat dibaca di artikel Ketika Kekalahan Datang Bertubi-tubi. Sejak itu, tepatnya pada Desember 2015, saya bekerja untuk memperbaiki fisik saya. Saya mengambil jalan bulking, fase untuk menambah massa otot sebanyak-banyaknya. Idealnya…

‘Kamu’ oleh Dea Safira Basori

RasaKata kembali mendapat kiriman puisi. Kali ini datang dari Dea Safira Basori. Dea adalah seorang perempuan kelahiran Jawa yang kini sedang menyelesaikan studi kedokteran gigi. Selain mempelajari tarian tradisional Jawa, ia menaruh minat pada isu perempuan, hubungan internasional, dan kebijakan luar negeri. Seperti apa puisinya? Langsung simak di bawah ini: Aku pernah menyakitimu Iya, menyakitimu…

Cerita Perempuan: Tidak Ada yang Abadi

I’m going to lose you. Boleh kita berencana, namun sebagai manusia kita tidak dapat mendapatkan kepastian akan semua hal yang telah kita rencanakan. Tidak mudah untuk menerima suatu kenyataan yang pahit di hidup ini. Tidak ada arti sebuah karir yang sukses atau uang yang berlimpah disaat kita mendengar berita yang dapat membuat dunia hancur seketika….

Cerita Perempuan: Satu Malam Saja

Duduk terdiam dengan segelas cocktail, saya duduk di lounge hotel mewah ini. Datanglah sosok yang tidak asing bagiku. Sosok seseorang yang kukenal sejak lama. Sosok yang telah berubah dari seorang atasan atau bos menjadi sosok teman. Transisi tersebut terjadi di kala seringnya kami berpapasan di tempat-tempat umum. Tidak pernah sekali pun kita janjian untuk bertemu,…

RasaKata: Noises Worth Hearing – Rara Rizal

Performed at Unmasked open mic, at the aptly named Noise Worth Hearing, at @america cultural center, Pacific Place, Jakarta, on 16 July 2016. Praises for Rara’s “Noise Worth Hearing” from the Unmasked crew: “I love Rara’s piece like oh my God” – Ayu Meutia “Bzzt ugly. Bzzt fat. Brilliant!” – Putri Minangsari “Rara was brilliant”…