Pertama kali foto bareng ‘plus-size models’

Riswanto, Qowi, dan Ibnu bersama salah seorang koordinator Face of Balga 2017.
Riswanto, Qowi, dan Ibnu bersama salah seorang koordinator Face of Balga 2017.

Akhir pekan kemarin, saya diminta manajemen GOIFEX untuk ikut sesi photoshoot.

“Oke,” saya jawab, berpikir bahwa akan difoto untuk keperluan promo fitness expo pertengahan tahun mendatang.

“Temanya casual sporty, ya,” saya diminta untuk mempersiapkan outfit yang akan dikenakan hari itu.

Pada Hari-H, ketika sampai di lokasi tujuan, enggak ada tanda-tanda yang menunjukkan kegiatan mengambil gambar sama sekali. Kosong. Lantai 2 gedung tempat saya bersama dua orang teman diminta untuk bertemu, lowong. Tak ada orang yang bisa ditanyai.

Kami sempat bertanya-tanya, apakah kami salah tempat atau jamnya memang ngaret. Lalu sekitar 30 menit setelah menunggu, kami dijemput oleh seorang pria. Ia menjelaskan bahwa ini bukan sebuah photoshoot yang seperti kami bayangkan sebelumnya. Bahwa kami akan dipasangkan dengan model-model perempuan.

Tapi ia tak bercerita panjang lebar siapakah para wanita ini atau dari agency mana mereka. Kami hanya diminta untuk berganti pakaian dan bersiap-siap, sebelum diantar ke gedung sebelah, lokasi pemotretan diadakan.

Sport shoot finalis The face of Balga day 2. #balgamagz #thefaceofbalga2017

A post shared by Balga magazine (@balgamagz_id) on

Di sana, kami sudah dinanti oleh 25 perempuan yang berpakaian sporty, lengkap dengan aksesoris olahraga berwarna-warni. Tugas kami adalah berfoto bersama para finalis Face of Balga 2017, sebuah web magazine yang dikhususkan untuk perempuan-perempuan (mengutip kata-kata mereka) β€œplus-size”.

Mengapa kami? Karena menurut panitia, mereka belum pernah disandingkan dengan model-model pria. Jadilah saya bersama kedua rekan saya, Riswanto Zerio dan Ibnu Firza, berpose bersama mereka.

Pertama saya beramai-ramai dengan 3 orang kontestan diambil gambarnya, kemudian masing-masing dari mereka dipasangkan satu-satu dengan saya. Begitu selanjutnya dengan kedua teman saya juga.

Sekitar sejam-dua jam kemudian, acara selesai. Kami bertiga berdiri di hadapan ke-25 peserta dan ditanya bagaimana kesannya setelah menghabiskan waktu bersama mereka.

“Apakah ini pertama kali berfoto bareng plus-size models? Bagaimana perasaannya?” Tanya salah seorang koordinator acara.

Ciptakan chemistry dalam sekejap, photoshoot bertemakan sport with @apelgede #balgamagz #thefaceofbalga2017

A post shared by Balga magazine (@balgamagz_id) on

Memang ini adalah pertama kali bagi kami bertiga untuk ditandemkan dengan perempuan-perempuan ini, tapi yang saya tekankan kepada mereka, “Sebenarnya plus-size atau bukan, enggak ada bedanya”. Yang disambut tepuk tangan dari mereka.

Tentu, tidak ada yang membedakan dari para perempuan meski mereka berukuran lebih besar dari perempuan lain. Para finalis FOB ini juga terlihat sangat ceria dan percaya diri. Saya dapat merasakan aura positif yang terpancar dari dalam diri mereka ketika berada di sana.

Selesai acara kami berbincang sejenak dengan panitia. Darinya kami tahu bahwa ternyata para kontestan ini selain jago modelling, juga memiliki keahlian di bidang-bidang yang mereka tekuni masing-masing. Ada yang sedang mengambil S2, ada yang tinggal selangkah lagi menjadi hakim, ada pula yang memiliki usaha butik.

Pokoknya, inspirasional!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s