Losers focus on winners. Winners focus on winning.

Losers focus on winners. Winners focus on winning.

Kata-kata ini pertama kali diucapkan oleh Connor McGregor, seorang juara dunia Ultimate Fighting Championship (UFC).

Namun kembali menjadi populer sebagai meme, saat atlet renang asal Amerika Serikat, Michael Phelps, menjuarai nomor gaya kupu-kupu 200 meter di Olimpiade Rio pada 10 Agustus lalu.

Pengguna media sosial serentak mengunggah foto yang memperlihatkan saingan terdekat Phelps di Olimpiade sejak 4 tahun lalu, Chad Le Clos dari Afrika Selatan, yang menatap ke arah perenang dengan koleksi medali Olimpiade terbanyak itu.

Foto itu tersebar di berbagai platform media social, mulai dari Twitter, Instagram, hingga Reddit. Dengan tulisan “Losers focus on winners. Winners focus on winning” terpampang besar dan jelas di bagian atasnya.

Le Clos menengok ke arah Phelps saat mengambil napas, sedangkan mata Phelps tetap terarah ke depan, ke garis finish. Ia mempunyai satu tujuan: Menyelesaikan balapan dan keluar sebagai juara.

Ayah dari Boomer Phelps itu akhirnya mendapatkan medali emas untuk nomor lomba renang tersebut. Total ia mengoleksi 5 medali emas dan 1 medali perak di Olimpiade Rio.

Sebelum pertandingan, Phelps juga sempat menjadi bahan olokan di media sosial. Ia terlihat cemberut menyaksikan Le Clos yang melakukan pemanasan dengan gerakan-gerakan shadow boxing.

Ekspresinya tertangkap kamera TV dan disaksikan bukan hanya di negara asalnya, tapi juga di seluruh dunia. Ada yang bilang, tatapannya seperti orang ingin membunuh.

Namun pendukungnya berdalih, itulah raut wajah yang ditampakkan oleh seorang juara. Yang fokus akan tujuannya. Ia tidak terganggu dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Ia terlihat fokus. Telinganya ditutupi earbuds, mendengarkan musik yang membantu menaikkan semangatnya.

Lalu, apa yang bisa kita pelajari dari meme-meme ini?

Setidaknya, kita bisa mengambil beberapa pelajaran dari kegigihan Michael Phelps, yang sepanjang kariernya telah merengkuh 28 medali Olimpiade — menjadikannya most decorated Olympians, atau atlet Olimpiade yang paling banyak meraih medali.

Dalam nomor lomba renang gaya kupu-kupu 200 meter itu, ia fokus akan dirinya sendiri. Tidak menghiraukan saingannya yang berusaha untuk mengalahkannya.

Sama seperti bodybuilding, sebuah cabang olahraga yang sebetulnya satu-satunya orang yang patut dikalahkan adalah diri sendiri. Tentu, jika mengikuti kompetisi binaraga, pasti akan ada competitor lain yang perlu dikalahkan untuk menang.

Tapi sebetulnya, bodybuilding adalah sebuah seni untuk memperbaik diri sendiri. Bagaimana seseorang dapat menjadi lebih baik dari dirinya sendiri sebelumnya. Lebih baik dari bulan lalu. Atau tahun lalu. Atau 4 tahun lalu.

Jika kita belum menjadi lebih baik dari diri kita sebelumnya, berarti kita kalah. Dan sebaliknya. Jika kita sudah berhasil menjadi lebih baik dari diri kita sebelumnya, namun belum sukses dalam berkompetisi, artinya kita sudah menang. Menang melawan diri sendiri.

Itulah yang terpenting dalam olahraga — setidaknya dalam cabang bodybuilding. Mengapa? Karena setiap orang memiliki genetik yang berbeda. Kita tidak bisa membandingkan tubuh kita dengan orang lain.

Tubuh kita dengan orang lain memiliki fungsi yang berbeda. Kebutuhan yang berbeda. Jenis aktivitas yang berbeda. Tidak bisa dibandingkan seutuhnya. Not apple-to-apple comparison.

Lihatlah kaca itu. Tatap matanya. Ialah saingan terberatmu.

Bukan mereka yang berdiri di atas panggung di sebelahmu. Bukan mereka di gym yang bisa mengangkat beban lebih berat. Bukan mereka yang kau lihat di YouTube setiap hari.

Kamulah lawanmu. Fokus terhadap dirimu sendiri. Dan kamu akan menggapai kemenangan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s