Flannel Belum Mati

Kring… Kring… !!

“Halo?”

“Abdul…” suara Erfan Haryando memanggil nama saya dari ujung telepon.

“Dul, hari Sabtu kita foto untuk profil website ya,” katanya.

“Siap,” balas saya semangat.

“Saya udah nyiapin baju buat lo nih.”

“Baju apa? Saya pake kaos putih dan flannel aja.”

“Apa??? Kaos oblong??? Flannel??? Eh elu tuh partner gue, bukan asisten gue. Kalo mau kerja bareng gue harus fashionable dong! Mau taruh di mana muka gue kalo orang-orang liat dan nanya, ‘Ini lo nemu anak dimana?’” kata Erfan panjang lebar.

Sementara saya hanya diam mendengarkan.

“Lha, emang lo mau kita foto bareng trus lo dikira sopir gue?””

Tapi kan Zuckerberg bisa sukses dengan gayanya yang simpel…”

“Emang lu Zuckerberg?”

Ya, memang sih saya bukan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, yang sederhana tapi memiliki otak encer gitu. Tapi di mata seorang lelaki metropolitan seperti saya, sebuah kesederhanaan dalam berpakaian, selain mencerminkan kepribadian, juga dapat menghemat waktu.

Kalau kamu melihat isi lemari saya, hanya akan menemukan beberapa potong kaos oblong warna putih, hitam, dan abu-abu. Selebihnya bermacam-macam kemeja kotak-kotak. Beberapa di antaranya berbahan flannel — yang kadang emang rada panas, sih, kalau dikenakan di udara tropis Jakarta yang panasnya udah seperti nafas setan.

Tapi kalau bepergian indoor, kemeja kotak-kotak flannel masih bisa terlihat OK, kok. Enggak percaya? Di Instagram aja banyak yang online shop yang khusus menjual flannel buat para lelaki metropolitan.

Belum lagi gaya lumberjacks yang sempat menjadi populer di kalangan pria beberapa waktu lalu.

Berikut rentetan ide agar tampilan flannelmu tampak menarik dan enggak membosankan:

1. Dipadukan dengan jeans

flannel
Foto oleh Anma Photoworks (IG: @anmaphotoworks)

Yang paling sederhana adalah dengan memadukan flannel dengan celana jeans. Kamu bisa tetap tampil casual.

Kamu bisa mengenakannya dengan gaya buttoned-up atau biarkan satu-dua kancing di atas terbuka.

2. Dilapisi sweater

Screen Shot 2016-07-29 at 10.58.10 PM
Screenshot dari YouTube/Jairwoo

Kalau kamu mau sedikit berkreasi dan ingin terlihat sedikit preppy, lapisi flannelmu dengan sweater di luarnya. Atau, kamu juga bisa menggunakan flannelmu di luar sweater, lho.

Dijamin, kamu akan terlihat sedikit lebih sophisticated.

Triknya adalah, secara flannelmu pasti sudah berwarna-warni (minimal pasti ada dua warna), padukan dengan sweater berwarna polos.

3. Di luar kaos

Screen Shot 2016-07-29 at 10.59.05 PM
Screenshot dari YouTube/Jairwoo

Yang ini yang paling sering kita lihat dipakai oleh para lelaki di Indonesia. Simpel dan terkesan cowok banget.

Kebanyakan cowok pasti punya kaos polos dengan warna solid atau kaos dengan gambar di bagian depannya. Kiatnya adalah hanya dengan mengenakan flannel di luarnya tanpa kancing.

Oh iya, untuk bawahannya sudah pasti celana jeans belel.


Foto utama oleh anmaphotoworks

Leave a Reply

