Menjadi Lelaki Bukan Sekadar Memiliki Penis

Kata orang, lelaki mempunyai ego yang tinggi. Sedikit saja dilukai, akan berujung masalah. Ada benarnya memang, tapi tidak semua lelaki berperangai seperti itu.

Puisi syair lisan (spoken word poetry) yang saya bawakan di acara komunitas puisi Unmasked di pusat kebudayaan @america di Pacific Place, pada Sabtu, 16 Juli, kemarin menyentil isu tersebut. Saya beri judul It Doesn’t Make You Less of a Man — kebetulan saya bacakan dalam bahasa Inggris.

(BACA: Kembali Beribadah Puisi Setelah Puasa Ramadan)

Tanpa kata-kata berbunga, saya langsung menghujam ke pokok permasalahan, mendiskusikan kembali makna maskulinitas — sebuah isu yang jarang dibicarakan di masyarakat, baik oleh perempuan maupun para lelaki sendiri. Seakan-akan itu bukan hal yang patut dibicarakan di ruang publik.

Ide ini datang dari kejadian-kejadian mengerikan selama beberapa waktu terakhir, seperti ketika seorang pekerja seks dibunuh oleh pelanggannya karena ia menyebut pria yang menggunakan jasanya itu berbau tak sedap. Kejadian ini terjadi sekitar setahun yang lalu.

Bukannya berkurang, namun aksi serupa makin marak terjadi. Sudah berapa kali kita dengar di berita, kasus pemerkosaan yang diikuti oleh pembunuhan di berbagai daerah di Indonesia dalam beberapa bulan terakhir? Tak terhitung.

Kadang masalahnya, ego lelaki yang terlalu tinggi menjadi penyebabnya. Yang terbaru, seorang penjaja seks lainnya dihabisi nyawanya karena ia mengatakan pria yang menidurinya seperti “king kong” karena berbulu lebat. Ada juga yang menolak untuk diajak berhubungan karena si pria “keluar terlalu cepat” saat pertama kali melebur.

Ini yang saya coba tekankan kepada para pembaca dan pendengar, bahwa menjadi seorang lelaki bukan karena kita memiliki penis. Bukan karena kita memiliki dompet tebal untuk menggunakan jasa prostitusi. Banyak hal-hal lain yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab pria yang sering terlupakan.

Dengar puisinya secara utuh di video ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s