Kiat-kiat Berbuka Puasa Ramadan

Waktu berbuka puasa adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Setelah berpuasa selama kurang lebih 13 jam, tentunya kita ingin melepaskan dahaga dengan meminum yang manis dan memuaskan rasa lapar dengan makanan yang nikmat.

Tapi, jika tak dikontrol, berbuka puasa bisa menjadi bumerang bagi kita. Misalnya, naik berat badan hingga menimbun lemak dan kolesterol.

Tentu kita enggak mau dong terjadi hal seperti itu? Berikut adalah kiat-kiat berbuka puasa seperti yang dianjurkan oleh Director of Rai Institute Halim Tsiang:

1. Lakukan aktivitas cardio atau aerobik

Aktivitas cardio ini sangat disarankan buat kamu yang ingin menurunkan lemak tubuh, Jenis latihannya bisa jogging, light circuit training, atau bersepeda. Lakukan latihan ini selama 20 menit sebelum berbuka, dengan detak nadi per menit mencapai 165 dikurangi usia.

2. Berbuka dengan yang manis

Tapi bukan seperti yang sering kita dengar di iklan itu, ya. Karena berbuka dengan yang manis alami seperti buah-buahan pisang atau kurma, itu lebih disarankan daripada minuman dengan larutan gula pasir atau sirup. Apalagi jika ditambah pemanis buatan.

3. Penuhi kebutuhan makronutrisi saat makan besar

Itu baru makan kecilnya. Untuk makan besarnya, dianjurkan untuk setelah melaksanakan ibadah salat Maghrib. Makanan seperti apa? Sebaiknya yang memenuhi tiga unsur makronutrisi seperti karbohidrat kompleks seukuran 1 kepal tangan, lauk pauk seukuran 1 telapak tangan, dan sayur secukupnya.

4. Batasi minuman berkafein atau makanan pedas

Kenapa? Karena keduanya bersifat menimbulkan nyeri lambung dan perut kembung. Kafein juga bersifat stimulan yang dapat membuatmu terjaga dan sulit tidur di malam hari.

Enggak mau dong susah tidur dan tidak bangun saat sahur? Bisa-bisa kelaparan seharian keesokannya.

5. Minum air secukupnya

Bila memungkinkan tambahkan asupan cairan isotonik atau air kelapa muda.

6. Masih lapar di malam hari sesudah salat tarawih?

Bila malam masih lapar, konsumsi makanan seperti berbuka puasa tadi, tapi ukurannya hanya setengahnya saja.

7. Rencanakan jadwal aktivitasmu dan tempat berbuka

Agar tepat dan tidak melenceng dari koridor kesehatan.

Advertisements

One Comment Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s