Ada yang Beda Dari AHA: Lebih Modern dan Kekinian

image2

Ibarat sepasang kekasih yang menjalani hubungan percintaan jarak jauh atau bahasa anak sekarang, LDR alias long distance relationship, sang wanita diharuskan menuntut ilmu di negeri orang, sedangkan si pria menunggu dengan setia di Tanah Air.

Ketika tiba waktunya sang wanita pulang setelah selesai menimba ilmu, si pria kembali menerimanya dengan tangan terbuka. Si pria melihat segala perubahan dalam tampilan dan diri sang wanita. Bagaikan Hayati di kisah tragis Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck —dengan segala kemodernannya, style pakaian, hingga gaya hidupnya yang baru.

“Ada yang beda dalam dirinya. Lebih modern dan kekinian,” kira-kira begitulah pikiran si pria terhadap wujud baru sang wanita.

Si pria pangling, namun mulutnya tak mengucapkan kata-kata. Ia hanya menyimpannya dalam hati. Mungkin dituangkan ke dalam tulisan, seperti yang sedang kamu baca ini. Tapi yang pasti, si pria tetap mencintai sang wanit.

Sang wanita pun demikian. Ia tetap merasakan kerinduan memancar dari aura si pria yang sudah lama tak bersua. Tahun demi tahun terlewati tanpa saling bertemu.

Kisah ini bukan hanya milik sang wanita dan si pria di atas, tapi juga bisa menggambarkan “hubungan” saya dengan restoran favorit saya semasa kecil hingga remaja. American Hamburger namanya. Atau biasa disingkat AHA.

image1 (1)

Restoran yang mulai beroperasi di Indonesia pada 1977 ini membuka kedai pertamanya di kawasan Melawai, Blok M, Jakarta Selatan. Tapi yang sering saya kunjungi adalah cabangnya yang terletak di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat.

Sesuai dengan namanya, restoran ini awalnya hanya menghidangkan makanan populer Amerika sebagai menu utamanya, yaitu burger. Namun demi memenuhi selera lidah orang Indonesia, ditambahkan pula menu fried chicken dan beberapa jenis makanan lainnya seperti steak, spaghetti, juga ayam rica rica.

Saya sering mengunjungi restoran ini bersama keluarga semasa SD-SMP dulu. Namun seiring bertambahnya umur, saya menemukan restoran-restoran dan kafe-kafe baru yang lebih hip. AHA pun terlupakan.

Entah mengapa, sontak semalam tanpa tedeng aling-aling saya terus memikirkan untuk menghabiskan malam sepulang kerja di AHA. Mungkin saya sedang mellow atau terbawa arus nostalgia, entahlah.

Saya pun melaju ke Cikini. Sudah terbayang menu favorit semasa kecil dulu, seperti Spaghetti Bolognaise, Vanilla Yogurt, dan tart Black Forest yang kaya akan rasa rumnya yang meleleh dalam mulut.

image3

Terlintas juga potongan-potongan memori waktu kecil. Ketika diajak mama merayakan ulang tahun dulu. Waktu itu, mama membawakan sebuah kotak biru muda dengan lambang pita besar khas restoran itu, yang isinya tak lain adalah kue Black Forest andalan AHA. Lengkap dengan black cherry kalengannya, ditambah dengan lilin berbentuk angka sesuai dengan umur saya saat itu.

Kue itu pun habis dilahap hanya dalam beberapa menit saja.

Tapi, belasan bahkan puluhan tahun sejak saya terakhir kali mengunjunginya, ada yang berubah dari penampilan AHA. Lebih modern dan kekinian.

Resto yang dulu hanya ditata seadanya, dengan berhiaskan meja putih dan bangku kayu, kini AHA dirancang ulang secara apik dengan gaya minimalis modern, seakan tidak mau ketinggalan zaman dan kalah bersaing oleh restoran dan kafe yang sekarang menjamur di ibu kota.

Tata ulang AHA ini membuat saya betah untuk berlama-lama di sana. Belum lagi mereka juga menambahkan menu-menu baru, seperti spaghetti dengan berbagai rasa dan rainbow cake.

Dengan segala perubahannya, saya makin cinta sama AHA, layaknya si pria mencintai sang wanita yang kini telah bertransformasi. AHA aja berubah, masa lo gitu-gitu aja.


Teks dan foto oleh Erfan Haryando

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s