Mengapa latihan beban penting untuk kesehatanmu

Tahukah kamu jika latihan beban itu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan? Tapi sayangnya, jenis latihan ini sering dikesampingkan dalam mempromosikan gaya hidup sehat.

Jogging, yoga, atau senam lebih banyak dipromosikan sebagai contoh perilaku gaya hidup sehat, bukan hanya oleh media massa, tapi juga oleh individu kebanyakan.

Latihan beban memang kadang terkesan mengintimidasi bagi pemula. Terlihat dari alat-alat yang terlihat berat dan menakutkan, seperti barbell, dumbbells, dan mesin-mesin pengganti yang banyak ditemui di pusat kebugaran. Padahal yang dimaksud dengan latihan beban juga bisa dipraktekkan dengan berat badan tubuh sendiri, lho, seperti sit-ups dan push-ups.

Memang, belum ada studi di dalam negeri tentang manfaat latihan beban untuk masyarakat Indonesia, tapi negara tetangga seperti Australia, misalnya, pada 2014 telah mengeluarkan pedoman bahwa latihan beban minimal seminggu dua kali sangat disarankan untuk orang dewasa.

Mengurangi penyakit

Menurut sebuah studi di Australia, latihan beban dapat mengurangi sejumlah penyakit, seperti:

  • Diabetes tipe 2 (diabetes akibat gaya hidup)
  • Tekanan darah tinggi
  • Kenaikan berat badan
  • Penyakit jantung
  • Gangguan otot yang disebabkan oleh kesalahan postur
  • Penyakit jiwa
  • Cacat jasmaniah

Selebihnya, jika dibandingkan dengan aktivitas fisik seperti jogging atau bersepeda, latihan beban memiliki rentetan manfaat lain seperti, kesehatan tulang, kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari (seperti berjalan, duduk, berganti pakaian, mandi dll.), dan memperlambat hilangnya massa otot.

Manfaat-manfaat seperti ini sangat penting, bukan hanya untuk pria, tapi juga wanita, untuk segala umur.

Mengajak mereka untuk latihan

Nah, yang menjadi PR sekarang adalah mendorong masyarakat untuk memulai latihan beban. Partisipasi masyarakat, berdasarkan observasi sehari-hari, memang sangat rendah dalam berlatih.

Mengapa? Karena untuk memulai weightlifting dibutuhkan setidaknya pengetahuan dasar untuk mempraktekkan gerakan-gerakan latihan. Tentu saja, kamu tidak bisa sembarangan memulai latihan, bisa-bisa hasilnya malah cedera. Dan itu yang harus dihindari. Enggak mau dong, niatnya sehat tapi malah jadi sakit?

Selain itu juga, dibutuhkan alat yang hanya bisa didapatkan di gym. Belum lagi untuk bergabung dengan gym dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski sekarang banyak kegiatan outdoor tanpa menggunakan alat, seperti freeletics, street workouts, dan bar training.

Bagi pemula juga dibutuhkan komitmen untuk terus berlatih. Banyak yang baru memulai beberapa pekan atau bulan dan berhenti karena belum melihat hasilnya. Sabar, membentuk otot tubuh itu tidak dapat dihasilkan semalam, atau sebulan, atau tiga bulan. Butuh dedikasi yang tinggi untuk mencapai hasil ideal.

Padahal, latihan beban itu jika dilakukan dengan benar, aman. Dan kamu tidak perlu takut resiko cedera jika gerakan-gerakan yang dilakukan sudah tepat.

Jadi, buat kamu yang ingin memulai latihan beban tapi masih terkendala beberapa masalah seperti yang dijelaskan di atas, mulailah dengan latihan menggunakan berat badan sendiri, seperti sit-ups, push-ups, squats, di rumah. Kamu juga bisa memulai dengan aktivitas-aktivitas sederhana di rumah atau kantor seperti angkat kantung belanjaan dari mobil ke dapur, angkat galon air mineral, dan semacamnya sebagai pengganti.

Selain sehat, tubuhmu juga akan mulai terbiasa melakukan latihan. Sudah siap?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s