Kemah Manja dan Kenangan Manis

Sebagai seorang warga ibu kota yang rutinitas sehari-harinya adalah menghirup asap kendaraan bermotor, duduk manis di tengah kemacetan jalan-jalan protokol, dan menghabiskan setengah hari di belakang layar komputer, penting rasanya untuk memanjakan diri dengan menghirup udara segar di alam terbuka saat akhir pekan.

Baru-baru ini gue menemukan satu kegiatan outdoor untuk mengisi akhir pekan yang sangat seru dan cukup aman bagi siapa saja, termasuk anak-anak kecil. Kegiatannya adalah berkemah di alam terbuka.

Namun kemah yang gue datangi bersama teman-teman bukanlah kemah sembarang kemah. Gue mendeskripsikannya dengan istilah “Kemah Manja”.

Kenapa “Manja”? Mari di simak jurnal akhir pekan gue di artikel ini.

Berkemah di alam terbuka.
Berkemah di alam terbuka.

Jadi, perkemahan yang bernama Tanakita Rakata Adventure ini mengklaim bahwa mereka adalah sebuah perkemahan bintang lima yang menyediakan fasilitas perkemahan komplit untuk para tamu yang singgah untuk refreshing sambil camping di alam terbuka.

Average rate untuk 1 orang per malamnya adalah Rp 550 ribu all in. Tiap tamu akan mendapatkan fasilitas seperti mulai dari tenda yang sudah dipasangkan, breakfast, lunch, dinner, snack, free flow coffee & tea,  wi-fi, peminjaman gitar, dan alat-alat musik akustik.

Juga tersedia ragam outdoor activities yang sudah dipersiapkan oleh crew Rakata Adventure yang akan bikin lo mendadak berasa menjadi “anak alam” banget. Bahkan water-heater shower untuk mandi saat kemah pun lengkap tersedia. See, bener-bener memanjakan kita banget, kan?

Sunrise di danau Situgunung ini indah dan syahdu
Sunrise di danau Situgunung ini indah dan syahdu

Satu buah tenda yang kecil cukup luas untuk ditempati 4 orang. Bagian depan tenda dirancang untuk tempat menaruh barang-barang dan sepatu, sedangkan bagian dalam tenda di rancang untuk tempat istirahat.

Saat pertama kali memasuki tenda, di bagian dalam tenda ini sudah terhampar matras yang sangat tebal (lebih menyerupai spring bed), bantal, sleeping bag, dan juga colokan listrik.

Bagi cewek-cewek yang rambutnya mudah lepek, silakan membawahairdryer atau catokan masing-masing agar tetap terlihat manis dalam dokumentasi perjalanan.

Di atas jam 9 malam, temperatur di bukit Tanakita turun di kisaran 16-20 derajat celcius. Sebaiknya tidur mengenakan sweater agar tetap hangat dan nyaman.

Jadi intinya, bagi kalian yang ingin ngerasain camping tapi enggak mau ribet, this is the answer you are looking for.

Mau hiking ke air terjun?
Mau hiking ke air terjun?

Lokasi perkemahan ini terletak di sebuah bukit yang masih sangat asri di Sukabumi, berjarak tempuh sekitar 120 km dari Jakarta via Tol Jagorawi apabila menggunakan moda transportasi pribadi.

Rp 300.000 itu sendiri digunakan untuk membeli 30 liter bensin Pertamina DEX (dengan harga Rp 8,450 per liter), dan Rp 50.000 uang tol dalam kota + Jagorawi pulang pergi.

Tentu saja pengeluaran pribadi saya lebih murah, karena semua teman-teman yang ikut di mobil saya ikut patungan bayar bensin dan uang tol.

Rutenya cukup simpel. Terutama bagi kalian pengguna Waze ataupun Google Maps, cukupinput, “Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat, 6°50’14″S 106°55’27″E” and you’ll get there before you even realize you are there already.

Di Rakata Adventure, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.
Di Rakata Adventure, banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Opsi lainnya adalah naik bus antarkota via Terminal Kampung Rambutan menuju Terminal Sukabumi, atau naik kereta api via Stasiun Gambir menuju Stasiun Cisaat dengan harga tiketone way kurang dari Rp 100,000 (tergantung low season atau high season).

Nah, biasanya kalau lagi wisata di alam, waktu rasanya bergerak lama banget sampai khawatir mati gaya atau kebosanan. Tapi di Rakata Adventure ini, banyak banget aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Pagi hari, kita akan memulai hari dengan trekking pendek ke danau Situgunung yang terletak sekitar 15 menit via jalan kaki dari perkemahan.

Sunrise di danau Situgunung ini indah dan syahdu. Usahakan untuk tiba di area danau sebelum jam 6 pagi, dan lo akan melihat pemandangan layaknya di Iceland.

Rappler - Yoga di Alam
Yoga di area danau mendukung sensasi untuk menyatu dengan alam.

Bagi para fotografer landscape, datang ke Danau Situgunung ini bagai menemukan harta karun. Gue sendiri milih untuk yoga di area danau ini karena udaranya fresh banget dan mendukung sensasi yoga untuk menyatu dengan alam.

Jika sudah puas lihat sunrise di danau, kita kembali lagi ke perkemahan dan sarapan sampai kenyang.

Setelah itu ada banyak pilihan kegiatan: Mau lanjut tidur di tenda? Mau bermain highropesdan flying fox dengan biaya Rp 75.000 per game? Mau river tubing dengan biaya Rp 150,000 per game? Mau hiking ke air terjun?

Go ahead and have it your way! Pilih kegiatan yang paling menyenangkan buat lo.

Sepulang dari Tanakita, pikiran pun kembali fresh untuk menghadapi rutinitas.
Sepulang dari Tanakita, pikiran pun kembali fresh untuk menghadapi rutinitas.

Saat malam hari, kita bisa duduk di sekitar api unggun sambil makan jagung bakar atau minuman tradisional bandrek khas Sunda. Ada 4 gitar dan beberapa gendang yang boleh dipinjam gratis untuk para tamu perkemahan untuk leyeh-leyeh manis bersama teman-teman. Kalau langitnya cerah, maka malam-malam kamu di Tanakita akan dihiasi dengan gugusan bintang-bintang di langit.

Percayalah, perkemahan yang satu ini benar-benar akan memberikan pengalaman berkemah yang praktis, tidak bikin dompet tipis, dan bisa bawa pulang kenangan manis. Untuk pertama kalinya banget dalam hidup saya, saya ngerasain berkemah dan tidur di dalam tenda. Sepulang dari Tanakita, pikiran pun kembali fresh untuk menghadapi rutinitas pada Senin pagi.

Definitely one of the most recommended weekend getaways!


Teks dan foto oleh Nariswari Yudianti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s