Menyelami Puisi-Puisi Rangga dalam ‘AADC 2’

Buku kumpulan puisi dari film Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC 2) laris manis. Buku karya penyair Aan Mansyur ini akan dicetak ulang setelah 5.000 eksemplar ludes terjual di hari pertama peluncurannya, pada Kamis, 28 April.

Buku berjudul Tidak Ada New York Hari Ini akan dicetak kembali sebanyak 3.000 eksemplar.

Dalam akun Instagram-nya, Aan mengatakan, “Kabar dari penerbit: buku puisi dan foto Rangga untuk #AADC2, Tidak Ada New York Hari Ini, cetak ulang pada hari pertama rilisnya! Terima kasih kepada semua yang sudah beli atau pesan dan baca. Terima kasih apresiasinya!”.

Tidak Ada New York Hari Ini berkisah soal Rangga, yang meski raganya berada di kota yang tidak pernah tidur itu, tapi jiwanya entah dimana. Mungkin berkelana mencari Cinta. Mungkin juga pikirannya tertutupi hal-hal duniawi lainnya.

Buku ini berisikan 31 puisi, empat di antaranya ditampilkan dan dibacakan oleh tokoh Rangga yang diperankan dengan baik oleh Nicholas Saputra.

“Di film ada 4 puisi, tapi tentu saja tidak utuh,” kata Aan kepada media saat peluncuran Tidak Ada New York Hari Ini di Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta, pada 14 April lalu.

Mengapa sutradara Riri Riza dan produser Mira Lesmana memilih Aan untuk menulis puisi-puisi ini?

“Saya pikir Aan adalah seseorang yang berhasil konsisten dan punya kredibilitas, dan pada saat yang sama tetap jadi seorang penyair yang kita bayangkan,” kata Riri.

“Aan salah satu orang pertama yang membaca skenario AADC 2, menurut saya ini menjadi tambahan lagi tentang kecintaan kami terhadap sastra,” kata Mira.

Dalam pembuatannya, penulis asar Makassar ini memposisikan dirinya sebagai Rangga yang harus tinggal di New York.

Bagi Aan, menulis adalah caranya belajar untuk meredakan kecemasan-kecemasannya.

“Menulis adalah usaha menyelamatkan nyawa seseorang—dan nyawa orang itu adalah nyawa saya sendiri,” kata Aan kepada Sakinah Ummu Haniy, dari Rappler Indonesia.

Saksikan Aan membacakan tiga puisi berjudul Batas, Akhirnya Kau Hilang, dan Ketika Ada yang Bertanya Tentang Cinta di bawah ini:


Foto utama oleh Citra Sultan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s