5 alasan mengapa kamu harus berolahraga setiap Senin

Selamat hari Senin!

Bagaimana weekend kamu? Seru? Atau kamu cuma berleha-leha di rumah, nonton bola, F1, atau MotoGP sambil ngemil?

Apapun jawabanmu, entah itu kamu berhura-hura bareng temen-temen, atau makan siang dan malam bareng keluarga, atau cuma jadi couch potato, kamu butuh berolahraga keesokan harinya. Ya, Senin!

Kenapa? Karena menurut American Journal of Preventative Medicine, ternyata berolahraga pada hari Senin memiliki banyak manfaatnya, lho.

Apa saja? Simak di bawah ini.

1. Kamu akan berolahraga lebih sering dalam pekan ini

Jika kamu menyempatkan ngegym atau berolahraga apapun di hari Senin, ternyata terdapat kemungkinan besar kamu akan melakukan kegiatan yang sama di hari-hari berikutnya selama minggu tersebut.

2. Kamu akan lebih banyak tersenyum

Pasti udah pada tahu, dong, kalau olahraga itu merilis hormon endorfin? Buat yang belum tahu, hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang.

Jadi, disarankan melakukan aktivitas fisik di pagi hari agar harimu makin menyenangkan!

3. Dapat mengusir stres

Mengalami sindrom “I Hate Monday”? Tenang, kamu enggak sendirian. Banyak kok yang merasa demikian. Tapi jangan kamu malah terjerumus dan makin males-malesan kerja.

Mendingan gerak-gerak sedikit, lakukan high intensity interval training (HIIT) atau lari beberapa menit di atas treadmill. Karena menurut sebuah studi ini, gerakan aerobik dapat mengurangi rasa panik dan kekhawatiran, lho.

4. Tidur lebih nyeyak

Udah keburu takut duluan kalau latihan angkat beban? Duh, beban hidup aja udah berat, masa harus angkat beban juga, sih?

Jangan takut, karena ternyata latihan angkat besi bisa membantu memperbaiki pola tidur kamu.

Buat kamu yang jam biologisnya berantakan dan sering begadang, coba deh rutinkan latihan beban selama 4 bulan, dan rasakan efeknya.

5. Perbaiki memori otak

Harus menghapal presentasi di kantor? Coba deh berolahraga dulu sebelum melakukan presentasi.

Menurut studi dari Boston University School of Medicine, hormon yang meningkat ketika berolahraga dapat memperbaiki memori otak kita.

Hormon yang disebut growth factor ini dapat memprediksi dengan akurat pada tes memori. Growth factor yang dimaksud dalam penelitian ini adalah brain-deprived neurotrophic factor (BNDF).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s