Yang perlu kamu tahu soal Under Armour Indonesia

Perusahaan perlengkapan olahraga ternama asal Amerika Serikat, Under Armour, resmi membuka flagship store pertamanya di Indonesia, pada Sabtu, 12 Maret.

“Momentum yang dibangun oleh Under Armour di Amerika Serikat telah menciptakan fondasi kuat bagi ekspansi sukses ke pasar internasional, di antaranya Indonesia,” kata Michael Binger, CEO dan co-founder Triple Pte. Ltd, distributor ekslusif Under Armour di Asia Tenggara.

Buat kamu yang pernah memakai pakaian Under Armour, pasti sudah tahu bahwa bahannya memang kualitas teratas.

Berlokasi di Mall Kelapa Gading 2, Jakarta Utara, gerai Under Armour siap memenuhi kebutuhan penggemar olahraga di Tanah Air dengan teknologi inovatif seperti Coldblack, HeatGear, Flyweight, UA Tech, Coolswitch, dan jajaran Compression.

“Adanya teknologi cool switch yang mendinginkan tubuh saat orang yang mulai berkeringat, hingga pakaian yang sudah dilengkapi lapisan yang memiliki fungsi seperti sunblock,” kata Robin Liem dari tim Under Armour Indonesia.

Berikut hal-hal yang perlu kamu tahu tentang Under Armour:

1. Sempat ‘drop out’ dari sekolah

Sebelum sukses dan mendunia seperti ini, tahukah kamu jika pendiri Under Armour, Kevin Plank, pernah drop out dari SMA karena berkelahi? Meski sempat putus sekolah, hal itu tidak membuatnya putus asa. Ia mendapatkan beasiswa untuk bermain American football di University of Maryland dan menjadi kapten timnya.

Ia pun pernah mencoba beberapa pekerjaan lain seperti memiliki usaha menjual bunga, menjadi tukang parkir, hingga menjual merchandise dan aksesoris di konser grup band Grateful Dead.

2. Memulai UA dari basement rumah neneknya

Sebagai seorang pemain football, ia merasa tak nyaman ketika harus berganti kaos berkali-kali akibat keringat yang menempel di tubuhnya. Begitulah ide menciptakan kaos UA muncul.

Plank memulai bisnis Under Armour pada 1996 dari rumah neneknya di mana ia tinggal di lantai atas, menggunakan lantai dasar sebagai kantor pemasaran, dan menyimpan semua barang-barang UA di basement di Georgetown, negara bagian Maryland.

3. Muncul dalam film ‘Any Given Sunday’

Under Armour bukan hanya dipakai oleh atlet-atlet papan atas, tapi juga pernah muncul dalam film-film Hollywood. Mungkin yang paling berkesan adalah ketika dipakai dalam film Any Given Sunday, karya sutradara Oliver Stone dan menampilkan aktor kawakan Al Pacino.

4. Sponsor Tottenham Hotspur

Meski berasal dari Amerika Serikat, namun deal terbesar Under Armour datang dari Inggris, tepatnya melalui klub sepakbola asal London, Tottenham Hotspur. The Spurs menandatangani kontrak senilai 50 juta poundsterling dengan UA sejak musim 2012/2013.

5. Perusahaan berbasis teknologi

Selain memproduksi pakaian olahraga, Under Armour juga merupakan perusahaan teknologi. UA telah mengucurkan dana sebesar 710 juta dolar AS untuk mengakuisisi aplikasi fitness online seperti MapMyFitness, Endomondo, dan MyFitnessPal. UA juga meluncurkan aplikasi fitness sendiri yang diberi nama Record.

6. Menguntit Nike, mendahului Adidas

#UnderArmourID now open at Mall Kelapa Gading 3! #UnderArmourSEA #ProtectThisHouse

A post shared by Under Armour Indonesia (@underarmourid) on

Pada 2014, Under Armour mengalahkan Adidas untuk menjadi sports apparel brand kedua terbesar di Amerika Serikat. Posisi pertama masih dipegang oleh Nike. Prediksi Business Insider, analis memperkirakan UA akan menjadi sportswear brand terbesar ketiga di dunia.

7. Di Indonesia, dijalankan oleh Masari Group

Kehadiran Under Armour di Indonesia dijalankan oleh Masari Group. Peluncuran Under Armour di Indonesia merupakan kelanjutan dari peluncuran sebelumnya di Singapura, Thailand, Vietna, Brunei, dan Filipina.

8. Di-‘endorse’ Ade Rai dan Iko Uwais

UA 1

Seperti yang pernah kalian lihat berseliweran di media massa, Under Armour dipromosikan oleh atlet binaraga ternama Indonesia, Ade Rai. Selain Ade, ada juga pemain film laga Iko Uwais, yang ngetop melalui The Raid. Atlet crossfit dan Putri Bugar Indonesia 2015, Jennifer Mulianto, juga merupakan salah satu brand ambassador-nya. Begitu pula dengan Tonny Hanggoro, seorang ultra-marathon finisher.

Kenapa Ade Rai menggunakan pakaian Under Armour? “Biasanya apparel olahraga fokus kepada model, tapi kurang memerhatikan kenyamanan tapi UA tidak seperti itu,” kata Ade.

9. Akan buka toko di Pacific Place

UA 5

Gerai Under Armour pertama di Mall Kelapa Gading berlokasi seluas 260m. Tapi ini baru langkah awal, karena Under Armour akan memperluas keberadannya di Indonesia dengan membuka toko di Pacific Place, Jakarta Selatan, pada April 2016.

10. Peluncuran seru di Jakarta

Dalam rangka peluncuran toko pertamanya di Jakarta, Under Armour mengadakan sejumlah aktivitas seru di Mall Kelapa Gading, mulai dari lomba push-up yang dipimpin Ade Rai, kompetisi basket 3×3, hingga latihan crossfit bareng Jennifer Mulianto.

Iko Uwais enggak ketinggalan. Dia juga mempraktekkan jurus-jurusnya melawan musuh yang disambut meriah oleh pengunjung mall.

#UnderArmourID Brand House Launch: Special Performance by @iko.uwais & his team #UnderArmourSEA #ProtectThisHouse

A post shared by Under Armour Indonesia (@underarmourid) on

Bonus: Video keren Michael Phelps

Buat yang belum menyaksikan video promo atlet renang Michael Phelps untuk, Under Armour, kamu harus nonton. Dijamin akan membuatmu bersemangat untuk memulai berolahraga kembali.

Simak videonya di bawah ini:


Oleh Abdul Qowi Bastian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s