‘Fitness bagi saya adalah sebuah kemewahan’

Pada Desember 2015 lalu, gue terpilih menjadi finalis Fitness First New You Achievement Awards (NYAA). Sayangnya, gue enggak berhasil menjadi juara malam itu. Tapi gue cukup bangga karena terpilih menjadi tiga besar dari ratusan peserta yang mendaftar.

Cerita tentang kekalahan itu gue tuangkan dalam sebuah tulisan berjudul Ketika Kekalahan Datang Bertubi-Tubi.

Berikut adalah video profile yang tim Fitness First buat untuk para finalis NYAA kategori “Strength”.

Di bawah ini adalah cuplikan wawancara gue dengan tim FF:

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan ini?

Saya bergabung dengan Fitness First pada September 2013. Dan kini, 2 tahun kemudian, saya masih merasa saya belum mencapai tujuan saya. Tentu, terlihat dan terasa perubahan dalam diri saya, baik dari tampilan luar maupun kekuatan.

Pada awalnya, saya bahkan kesulitan untuk mengangkat dumbbell seberat 10 kilogram. Kini beban untuk biceps curl saya sudah meningkat dua kali lipatnya.

Satu motto yang selalu saya pegang teguh adalah proud but never satisfied. Maka dari itu, saya melihat tujuan saya tidak akan pernah tercapai. Karena jika saya sudah merasa mencapai tujuan awal, akan muncul tujuan-tujuan baru yang akan terus saya kejar. It’s a never ending process.

Bagaimana keberhasilan ini mengubah hidup Anda?

Pertama, saya lebih memerhatikan makanan yang saya masukkan ke dalam tubuh. Jika dulu hanya makan supaya kenyang, sekarang saya melihat 3 jenis makronutrisi dalam setiap sajian di atas piring sebelum saya lahap. Apakah makanan ini akan membuatku sehat? Saya juga sekarang selalu melihat ingredients di balik kemasan makanan yang saya beli di supermarket.

abdul qowi bastian fitness first new you achievement awards

Selain itu, saya juga merasakan perubahan dalam kepercayaan diri. Saya adalah orang yang pemalu. Dengan memiliki kondisi fisik dan postur tubuh yang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, meningkatkan level kepercayaan diri saya ketika bertemu dan berbicara dengan orang lain.

Jelaskan kepada kami kenapa Anda patut menjadi pemenang New You Achievement Awards tahun 2015.

Fitness bagi saya adalah sebuah kemewahan. Untuk berangkat ke gym membutuhkan pengorbanan, karena saya harus meninggalkan orangtua yang sedang sakit di rumah. Belum lagi pekerjaan yang demanding.

Namun di tengah problematika hidup, saya masih terus berlatih keras untuk mencapai tujuan. Dan perubahan dalam diri saya sudah terlihat selama ini. Bahkan anggota keluarga dan teman-teman saya merasa kagum bahwa saya bisa meraih hasil di tengah kesibukan sebagai seorang lelaki metropolitan.

Saya ingin membuktikan bila kita memiliki sebuah mimpi, meskipun untuk menggapai mimpi itu harus melalui jalan terjal, kita akan mampu meraihnya jika kita terus berusaha dan tak pernah menyerah. Asalkan disertai dengan komitmen dan dedikasi penuh.

Saya harap jika terpilih sebagai pemenang New You Achievement Awards 2015, saya mampu menginspirasi lebih banyak orang lagi. Bukan hanya keluarga dan teman dekat, tapi orang-orang lain baik di kehidupan nyata maupun online.


Teks oleh Abdul Qowi Bastian.

Leave a Reply

