10 hal yang diinginkan wanita dari lelaki

Screen Shot 2016-02-11 at 5.18.01 PMMungkin untuk sebagian Lelaki Metropolitan yang “merayakannya”, ada satu tanggal tetap yang dianggap ‘keramat’ di bulan Februari ini.

Of course, I’m talking about Valentine’s Day!

Yup, bulan Februari memang identik dengan hari kasih sayang yang dirayakan pada 14 Februari setiap tahunnya.

Kontras dengan makna akan hari yang disebut sebagai “perayaan” kasih sayang ini, Valentine’s Day telah banyak menimbulkan kontroversi dari sisi sejarah, agama, sampai agenda terselubung tentang politik-dagang akan komersialisasi perayaan kasih sayang.

Nevertheless, apapun itu yang mereka perdebatkan, menurut gue – meskipun gue bukan termasuk orang-orang yang merayakan Valentine’s Day – love should be celebrated, everyday, and you better celebrate it right.

Tapi, mumpung momennya tepat—beberapa hari menuju 14 Februari, gue mau berbagi “contekan” untuk para lelaki metropolitan tentang bagaimana membuat diri kalian menjadi lelaki dambaan pasangan kalian.

Lewat bincang-bincang santai pada beberapa kesempatan antara gue dengan 20 wanita yang gue kenal cukup baik, dengan berbagai latar belakang dan relationship status (Single but Not Available, In a relationship but still Available, Married, Engaged, In a relationship, In a complicated relationship, Friendzoned, Divorced, Widowed, Single and Really Looking), gue pun sukses merangkum 10 hal penting yang harus diketahui para lelaki metropolitan mengenai pandangan dan ekspektasi wanita terhadap pria lelaki:

Understanding

Kalimat ‘women is complicated’ mungkin berisikan 99% fakta. And we, women, should admit this fact at some points. Mungkin hal ini disebabkan oleh alasan biologis dan perputaran hormon yang mengakibatkan kondisi mood yang tidak stabil pada waktu-waktu tertentu. Dan secara naluriah juga wanita lebih banyak menggunakan perasaan dalam mempertimbangkan segala sesuatu. Ketidak-stabilan mood wanita perlu dinetralisir oleh para lelaki dengan cara memahami apa yang sebenarnya sedang dipikirkan atau diinginkan wanita itu. Memang butuh kesabaran ekstra, but the easiest way to do this is to picture you being on their shoes. Coba untuk melihat sesuatu dari perspektif wanita dan bantu mereka mencari solusinya.

Listen

Orang bijak berkata, komunikasi terbaik adalah mendengarkan. Wanita suka berbicara panjang lebar dan berkeluh-kesah tentang apapun in great details. Penting untuk mendengarkan detil-detil tersebut secara seksama, itu adalah cara mereka mencari perhatian kalian. Jadilah seorang pendengar yang baik – a judgeless listener. Tidak perlu memberikan komentar apabila mereka sedang berkeluh kesah; sebuah pujian tulus di akhir perbincangan akan mengubah hati wanita yang gundah menjadi cerah berbinar.

It’s the Little Things that Count

Tentang detil yang gue tulis tadi, jadikan itu sebagai senjata pamungkas kalian untuk membuat wanita berempati bahkan jatuh hati pada kalian. Perhatikan hal-hal yang mereka suka, hal-hal yang mereka inginkan, hal-hal yang mereka butuhkan. Hal-hal ini tidak melulu tentang menghitung materi – wanita sangat menghargai ketulusan. Enggak percaya? Coba sekali-sekali buatkan mereka bekal makan siang – your very own homemade lunch box. Do let me know their reaction : )

Loyalty

Loyalty is the only rule in the game. If you don’t like the rule, then don’t even bother to play the game. 

Honesty

Kadang lelaki sering menyembunyikan masalah-masalah yang sedang mereka hadapi, karena takut dianggap lemah sama wanita. Tapi ya, walaupun wanita itu bawel dan sering rese, tetapi wanita itu sangat peka dan perhatian. Apapun yang lo sembunyikan, women’s instinct is more accurate than FBI’s lie detector. If something’s not right, they will know before you even tell them. Kadang butuh keberanian yang besar untuk mengungkapkan hal-hal yang serius, tapi perlu lo tahu kalau wanita akan lebih respect terhadap lelaki yang jujur.

Surprises

No one is ever too old for sweet surprises. Memberi kejutan-kejutan manis sekali-sekali definitely a BIG YES for women. Ajak candle light dinner atau surprise trip somewhere. Cari momen yang tepat dan pastikan kejutan itu adalah sesuatu yang benar-benar dia inginkan. In a million year, she’ll never doubt you as a real gentleman in her life

Time

Penting untuk para lelaki untuk menjadi manager yang baik untuk dirinya sendiri. Pintar-pintarlah membagi waktu antara pekerjaan, me-time, keluarga, dan percintaan. Make sure that you spend enough time with the woman who is willing to spend her time with you. Lagipula, menurut banyak buku self-development, orang sukses adalah orang yang pintar mengatur waktu demi mencapai keseimbangan dalam semua aspek dalam hidupnya.

Appreciation

Sudah bawaan dari lahir kalau lelaki itu terlahir dengan sifat cuek, walaupun memang ada segelintir lelaki yang punya sifat peka. Dari obrolan dengan teman-teman yang gue sebut di atas tadi, gue menangkap satu fakta akan alasan sederhana yang sering bikin wanita bete bahkan sampai bertengkar dengan pasangannya. Men just don’t appreciate women’s effort enough. Mungkin sebenarnya lelaki menghargai hal-hal yang dilakukan wanita untuk dia, cuma kadang memang kurang ekspresif. Just a little, enggak usah malu buat berekspresi di depan wanita pujaan kalian. Wanita senang dipuji, and seriously guys, a proper thank you really would not hurt your masculinity.

Fun

Lelaki menyenangkan itu idola wanita banget. Butuh pengetahuan yang luas untuk bisa jadi lelaki yang menyenangkan. Kenapa harus punya pengetahuan yang luas? Dengan pengetahuan yang luas, lo enggak akan pernah kehabisan bahan pembicaraan. Lo akan mudah menyambung obrolan dengan wanita. Dengan begitu, lo juga akan dengan mudah mendapatkan perhatian wanita itu. Women dig real conversation. 

Know Yourself

Lelaki itu memegang figur dan peran yang besar sebagai pemimpin di berbagai ranah kehidupan. Dalam hubungan pun seperti itu. Wanita selalu mencari sosok lelaki pemimpin yang bisa menjadi guide dalam hidupnya. Untuk menjadi sosok itu, lelaki harus tau apa yang sebenarnya mereka kejar dalam hidupnya. Kalau lo sudah tahu apa yang lo mau, akan lebih mudah untuk memahami dan memberikan apa yang wanita mau. You need to settle on yourself first, before you can get what women want. Again, ini bukan masalah kemapanan seorang laki-laki dari sisi material, tapi lebih kepada mentalitas. Kalau lelaki sudah tahu dia mau jalan kemana, banyak wanita yang tidak keberatan untuk memulai hubungan dari “bawah’” atau starting from scratch. Therefore, you need to figure yourself first and for all.

Demikian rangkuman “contekan” untuk para lelaki metropolitan. Dan untuk menutup Metro Joourno kali ini, gue mau mengutip kalimat penulis novel favorit gue, Mitch Albom, dari bukunya Tuesday with Morrie;

“Life is a series of pulls back and forth… A tension of opposites, like a pull on a rubber band. Most of us live somewhere in the middle. A wrestling match…Which side win? Love wins. Love always wins”


Teks dan foto oleh Nariswari Yudianti

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s