Menjadi fit dalam 10 minggu bersama CustomFit App dari Fitness First

Bersamaan dengan penayangan episode perdana reality show Fit for Fashion musim kedua, pusat kebugaran Fitness First meluncurkan aplikasi terbarunya yang diberi nama CustomFit pada 7 Januari lalu.

CustomFit didesain langsung oleh ahli kebugaran di Fitness First. Aplikasi mobile ini memudahkan pengguna untuk membuat program fitness sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, berdasarkan tingkat kebugaran dan tujuan yang ingin dicapai.

Personal trainer yang juga merupakan juri di Fit for Fashion, Mitch Chilson, ikut merancang “10-Week Get Fit Programme” di aplikasi ini. Program ini dibuat sedemikian rupa agar pengguna aplikasi dapat merasakan apa yang dilalui oleh para kontestan Fit for Fashion selama kompetisi, mulai dari tipe latihan hingga jenis makanan yang dikonsumsi.

Aplikasi yang bisa di-download gratis di AppStore dan Google Play ini memiliki lebih dari 750 gerakan yang dilengkapi dengan konten video, demi memudahkan pengguna untuk mempraktekkannya.

Apa yang membedakan CustomFit berbeda dari aplikasi sejenis dan apakah dengan semakin canggihnya teknologi, peran personal trainer akan tergantikan?

Kami berbincang dengan CEO Fitness First Asia Simon Flint saat ia berkunjung ke Jakarta, Desember lalu. Simak cuplikan wawancaranya:

Screen Shot 2016-01-25 at 7.35.39 PM

Mengapa merancang program 10 minggu untuk menjadi fit?

Alasan mengapa kami membuat “10-Week Get Fit Programme” adalah agar penonton atau pengguna aplikasi ini dapat meniru yang mereka lihat di TV. Tapi tentunya, jika pengguna ini mencapai goal-nya dalam waktu yang lebih singkat, mereka bisa melakukannya dengan CustomFit.

Itulah mengapa diberi nama CustomFit, karena aplikasi ini membolehkan pengguna untuk merancang sendiri (custom) sesuai kebutuhan mereka.

Apa yang membuat CustomFit berbeda dari aplikasi sejenis?

Ada ribuan fitness apps di luar sana. Kami sadar akan hal ini. Kami telah menghabiskan sekian juta dolar AS membangun aplikasi ini selama 2.5 hingga 3 tahun belakangan. Kami tidak ingin hanya menjadi aplikasi yang biasa-biasa saja.

Dan saya sangat yakin bahwa produk yang kami tawarkan memiliki sesuatu yang berbeda, yaitu customization workout program.

Tingkat kebugaran kita, tujuan kita, intensitas latihan kita, hingga komitmen kita untuk berlatih, berbeda-beda tiap orang. Semua ini akan dibentuk menjadi sebuah program melalui algoritme yang sangat kompleks.

Jika Anda memiliki bantuan dari salah satu staf personal trainer kami, kamu bisa menggunakan app ini untuk menambah manfaat latihanmu. Tapi jika kamu tidak berlatih bersama staf kami, app ini juga sangat mudah untuk digunakan.

Perbedaannya adalah kesederhanaan dan relevansi aplikasi ini dibanding aplikasi lain.

Aplikasi-aplikasi serupa, saya tidak mau menyebut namanya, mereka memiliki program yang kaku. Misalnya, mereka merekomendasikan 5 gerakan untuk diikuti. Atau 10 gerakan, atau 15 gerakan.

Tapi tidak seharusnya demikian, karena yang cocok untuk kamu belum tentu cocok untuk saya. Atau sebaliknya. Kita semua memiliki tingkat kemampuan berolahraga dan tujuan yang berbeda-beda.

Aspek customization inilah yang membuat CustomFit berbeda dibanding aplikasi-aplikasi lain.

Apakah dengan adanya CustomFit malah menggeser peran personal trainer?

Kami surah melakukan tes di Inggris. Yang terjadi adalah sebaliknya, CustomFit meningkatkan level engagement dan komunikasi antara member kami dengan personal trainer.

Contohnya, aplikasi ini membuat si pengguna menjadi lebih fit. Dan itu sudah mencapai tujuan kami. Saya percaya bahwa fitness memberikan kamu kesempatan untuk berbuat lebih dalam hidup.

Yang kedua, ketika member kami men-download aplikasi ini, mereka dibuat penasaran dengan gerakan-gerakan yang sesuai dengan tujuan mereka dan ingin tahu bagaimana cara mempraktekkannya secara benar. Itulah alasan mengapa CustomFit semakin meningkatkan engagement dengan personal trainer.

Berdasarka apa yang kami pelajari di Inggris, engagement dengan personal trainer meningkat setelah member mengunduh CustomFit, bukan sebaliknya. Jadi keduanya saling mendukung satu sama lain.

Advertisements

3 Comments Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s