Siapa Qowi?

Banyak yang datang dan bertanya pada saya, “Gimana sih caranya biar bisa dapat badan kayak lo?”

Sekilas agak sulit menjawabnya karena dibutuhkan bukan hanya latihan keras, tapi juga dedikasi dan komitmen. Ditambah lagi mengubah pola makan dan gaya hidup agar mendapatkan tak sekedar tubuh yang bagus dilihat tapi juga mental yang kuat.

Di tengah kehidupan pribadi dan sibuknya bekerja di ibu kota, berolahraga adalah salah satu cara saya untuk menghilangkan stress. Namun sayangnya, saya sering mendengar keluhan seperti, “Gue enggak sempat ngegym nih, kerjaan numpuk” atau “Nikmatin aja hidup, jangan menyiksa diri dengan menahan makan”.

If it means something to you, you’ll find a way. If not, you’ll find an excuse.

Lagipula, bagi saya menjaga kesehatan tubuh adalah kesenangan pribadi. Tak pernah sedetikpun saya merasa tersiksa dengan gaya hidup yang saya jalani.

Kesadaran untuk melakukan perubahan dalam hidup saya bermula pada bulan Ramadhan 2012. Ada suatu masa di mana saya merasa menjalani gaya hidup yang kurang sehat, salah satunya adalah berbuka puasa dengan pemanis buatan dan kudapan gorengan yang berminyak. Jika dikategorikan, tubuh saya saat itu termasuk dalam tipe skinny fat, kurus namun menimbun tumpukan lemak di bagian perut.

Hal itu membuat saya berpikir untuk mengubah gaya hidup bila tak ingin terserang penyakit di usia tua.ย Kemudian saya mulai berolahraga di sebuah gym kecil di apartemen tempat saya tinggal, sembari memperbaiki asupan gizi.

Perlahan saya mulai merasakan perubahan dalam diri saya. Dari yang awalnya hanya mampu mengangkat beban ringan, kini sudah bisa mengangkat dumbbells dua kali lipat lebih berat dari sejak pertama kali saya menginjakkan kaki di gym.

Dengan kehadiran Lelaki Metropolitan ini, saya berharap dapat berbagi kisah dan pengalaman yang membuat saya berada di sini. Entah itu cerita keberhasilan atau kegagalan. Karena saya percaya di balik setiap cerita ada pelajaran bagi orang lain.

Ikuti kegiatan sehari-hari saya melalui Twitter @aqbastian dan Instagram @aqbastian.

